Kumpulan Ucapan Selamat Ulang Tahun (Ultah) & Kado Ulang Tahun Unik

Hari kelahiran merupakan hari spesial bagi semua orang yang terlahir di dunia ini. Kita menyebutnya dengan hari ulang tahun atau disingkat dengan ultah. Ada beberapa alasan kenapa hari lahir menjadi hari yang begitu spesial bagi semua orang.

Diantaranya, Karena di hari inilah awal dari kita semua mengenali, melihat, merasakan dan mengetahui banyak hal tentang kehidupan dunia. Ini adalah awal seorang bayi merasakan suhu di luar alam kandungan yang selama ini ditempatinya.

Ini juga merupakan awal seorang bayi mengeluarkan tangisan maksimalnya sebagai tanda bahwa ia butuh perlindungan dan kasih sayang, adalah awal mengenali siapa ayah dan ibunya yang telah berperan besar dalam proses dimana seorang bayi dikandung dan dilahirkan.

Hingga berjalannya waktu hari demi hari tahun demi tahun, sangat banyak hal yang tlh dipelajari oleh si bayi sampai ia menjadi dewasa. Oleh karenanya, sangat wajar jika semua orang mrnjadikan hari kelahiran ini sebagai hari spesial dalam hidupnya. Kemudianberusaha selalu mengingatnya dengan merayakannya dengan berbagai cara.

Mulai dari cara merayakan ultah dengan cara yang sederhana sampai yang mewah. Kira-kira kita tergolong suka merayakan dengan seserhana atau mewah?. Nah kali ini admin akan bahas tentang pernak pernik seputar ulang tahun, mulai dari kado ulang tahun, ucapan ulang tahun dan seterusnya. Yuk simak paragraf berikutnya.


Kata Kata Ulang Tahun


By the way, sudah berapa kali nih menghadiri undangan acara perayaan ulang tahun? Nah hampir dalam semua perayaan ulang tahun kamu akan menemukan beberapa hal yang sifatnya ritualistik atau semacam kebiasaan yang dilakukan dalam perayaan ulang tahun.

Diantaranya, menyediakan kue tar, lilin biasa atau berbentuk angka dan menyalakannya, menyanyikan bersama lagu bertema ulang tahun, meniup lilin bagi yang sedang berulang tahun sembari manjatkan doa harapan dan seterusnya.

Well pernahkah bertanya-tanya dalam pikiran kamu apakah ritual dalam perayaan ulang tahun ini memiliki sejarah khusus? Kenapa harus meniup lilin, kenapa harus berdoa sebelum meniup lilin,kenapa harus dirayakan, dan kenapa harus diucapkan selamat ulang tahun atau kata-kata ulang tahun lainnya. Memangnya ada ya sejarahnya? Yuk simak.

Tentang sejarah ucapan selamat atau kata-kata ulang tahu. Nah ternyata ucapan ultah ini masih satu runtutan dengan sejarah perayaan ulang tahun. Konon bangsa eropa merayalan ultah ini karena ada kepercayaan bahwa akan ada roh jahat yang akan membahayakan bagi seorang yang sedang berulang tahun. Oleh karenanya diadakan perayaan ulang tahun dengan berharap memohon doa dari banyak orang yang telah diundang agar yang merayakan ultah ini diselamatkan dari roh jahat tersebut.

Akhirnya semua undangan dalam perayaan ini memberikan ucapan-ucapan doa lalu meluas sampai sekarang selain kata-kata doa juga ada kata-kata ucapan ulang tahun dengan banyak macam kalimat yang dibuat oleh tiap orang.

Begitu juga dengan pemberian kado. Ini dipercaya akan memberikan rasa senang dan bahagia bagi yang sedang berulang tahun sehingga bisa mengusir pengaruh roh jahat. Kok bisa ya? Ya namanya juga kepercayaan. Berlakunya hanya bagi yang percaya ya…hehe

Tentang kue ultah. Adanya kue ulang tahun dalam perayaan ulang tahun ini sejarahnya berhubungan dengan cerita Artemis Diana. Konon bangsa yunani selalu mempersembahkan kue ke kuil Dewi Bulan, Artemis. Mereka menggunakan kue berbentuk bulat yang merepresentasikan bulan purnama.

Simbol lain yang menyertai kue ulang tahun adalah lilin yang dinyalakan di atas kue ulang tahun. Konon orang yunani yang mempersembahkan kue kepada Dewi Artemis juga menggunakan lilin yang dinyalakan di atas kue agar terlihat terang.

Wah hampir semua pernak pernik dalam perayaan ultah ternyata sudah banyak dilakukan oleh bangsa yunani ketika menemui para Dewa dan Dewi yang mereka sembah.

Oia, baik dalam sejarah mesir kuno ataupun yunani, perayaan ulang tahun ini awalnya hanya diperuntukkan oleh para maha raja atau dewa. Akan tetapi semakin bertambahnya waktu akhirnya perayaan ultah pun juga dirayakan oleh masyarakat biasa pada umumnya hingga sekarang.

Bahkan dari berbagai umat beragama yang berbeda juga merayakan ultah dengan seremonal yang hampir sama dengan sejarah ultah yang telah diulas dalam artikel ini.


Ucapan Selamat Ulang Tahun


Kamu biasanya mengucapkan ulang tahun dengan menggunakan bahasa apa? Bahasa inggris, indonesia, arab atau jawa? Tahukah kamu bahwa Ucapan ulang tahun yang umum dipakai di Indonesia adalah ucapan yang menggunakan empat bahasa tersebut. Pemilihan bahasa dalam mengucapkan kalimat selamat ultah ini dipengaruhi oleh faktor usia.

Pada umumnya mereka yang masih satu generasi atau berdekatan tahun lahirnya lebih bisa bebas memilih bahasa mau Inggris, indonesia atau bahasa arab. Nah jika bahasa jawa biasanya diperuntukkan kepada orang yang dianggap sebagai sesepuh baik di lingkungan keluarga maupun di lingkunan sosial atau kerja.

Misalnya saat seorang karyawan mengucapkan selamat kepada atasanny. Seorang anak mengucapkan selamat ultah kepada orang tua, mertua atau kakek neneknya. Pemilihan bahasa jawa halus mengandung maksud lebih menghormati kepada yang sedang berulang tahun dibandingkan dengan menggunakan bahasa sehari-hari yang sudah umum.

Kenapa bahasa arab menjadi bagian bahasa yang juga umum dipakai di Indonesia? Well, kita tidak bisa melupakan fakta masyarakat indonesia yang mayoritas muslim. Dimana pondok pesantren dan sekolah-sekolah berlandaskan Islam begitu banyak.

Adanya pengenalan budaya arab di sekolah Islam pun memberikan pengaruh terkait penggunaan kosa kata bahasa arab dalam momen tertentu termasuk momen ulang tahun. Pemilihan bahasa ini lebih familiar digunakan bagi mereka yang berada di lingkungan yang homogen alias sama-sama belajar dan paham bahasa arab.


Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami


ucapan selamat ulang tahun islami

Adakah ucapan selamat ulang ulang tahun islami? Bagaimana ucapan srlamat ulang tahun dalam Islam? Dan bagaimana makna ulang tahun dalam Islam?

Well, meskipun di dalam Islam tidak ada ajaran untuk melakukan seremonial khusus untuk merayakan ulang tahun, namun dalam Islam ada kalimat ucapan ulang tahun yang Islami. Sebelum dicontohkan beberapa kalimat ucapan ulang tahun Islami perlu diketahui dulu tentang bagaimana Islam mengajarkan memaknai arti ulang tahun.

Islam tidak pernah mengajarkan untuk merayakan ulang tahun dengan berpesta-pesta, makan-makan berame-rame. Tetapi Islam mengajarkan agar siapa yang sedang berulang tahun untuk memperbanyak muhasabah (menghitung-hitung amal diri) artinya sudah sejauh mana dan sebanyak apa kebaikan-kebaikan yang bisa dan sudah dilakukan selama tahun kelahiran ini.

Harapannya di tahun depannya dengan bertambah usia lagi bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih baik lagi. Karena konsep berkah atau usia yang berkah/barokah bukan diukur dari berapa banyak usia seseorang melainkan seberapa bermanfaat seseorang tersebut bagi yang lainnya. Berikut akan diulas contoh ucapan selamat ulang tahun islami.

 

  • Barakallaahu fii ‘umurik …semoga Allah selalu merahmati di setiap detik kwhidupanmu

 

  • Miladuki saidah wa barakallaahu fii ‘umurik…  semoga semakin sholih/ah dan dimudahkan semua urusannya

 

  • Miladuki saidah wa barakallaahu fii ‘umurik….. Semoga Allah senantiasa memberimu kebahagiaan dunia akhirat

 

  • Sanah hilwah, barakallaahu fii ‘umurik. Semoga dengan berkurangnya usia semakin berkah juga waktunya

 

  • Selamat ulang tahun, semoga sisa umurmu bisa lebih produktif, lebih dewasa, lebih berkah dan lebih dekat pada Allah SWT

Demikian contoh-contoh ucapan selamat ulang tahun islami. Semoga bermanfaat.


Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Inggris


Mengucapkan ulang tahun memang menjadi hal spesial. Baikk bagi yang mengucapkan atau yang menerima ucapan. Bagi yang memberikan ucapan selamat ulang tahun hal ini menjadi spesial karna pasti sudah memikirkan doa apa yang akan diucapkan kepada seorang yang sedang berulang tahun tersebut.

Memikirkan doa berarti juga memikirkan hal atau kondisi lain yang sedang dialami oleh seorang yang sedang berulang tahun. Pastinya ini adalah hal spesial hingga yang memberi ucapan harus tahu kondisi dari yang bersangkutan. Setelah admin tuliskan contoh kalimat ucapan ulang tahun dalam bahasa arab, berikut ini adalah contoh ucapan selamat ulang tahun untuj bahasa inggris.

 

  • Happy birtday to my best friend, may god always gives health and gets to you

 

  • Today is yout happy day, Day of birth happen again, Happy birthday my friend

 

  • Happy birthday to my friend. I hope your day the next day happier and hopefully what you aspire goals achieved and health always

 

Tidak perlu admin terjemahkan kan guys karena sudah pada pinter bahasa inggris kan. Sekarang tinggal pilih mau pakai bahasa apa saat mau mengucapkan selamat ulang tahun. Srlamat berkreatifitas membuat kalimat ucapaj selamat ulang tahun ya.


 Ucapan Selamat Ulang Tahun Untuk Bahasa Jawa


Ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa jawa biasanya digunakan oleh seseorang yang memiliki latar belakang budaya Jawa yang masih sangat kental. Sehingga bukan saja saat mengucapkan selama ulang tahun saja, melainkan bahasa sehari-harunya pun juga menggunakan bahasa Jawa halus.

Ucapan selamat ulang tah dalam bahasa Jawa lebih sesuai diberikan kepada seorang yang jauh lebih tua misalnya atasan, guru, orang tua, mertua, dan tokoh masyarakat.

Berikut ini adalah contoh ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa jawa.

  • Sugeng ambal warsa, mugi gusti paringi panjang yuswa ingkang barakah, mugi Gusti tansah paring bagas kasarasan lan tansah pinaringan wilujeng.
  • Ngaturake sugeng tanggap warsa kagem Pak …….mugi panjenengan pinaringan wilujeng selamet lan lumebering rejeki kaliyan pinaringan kesihatan lan barokah yuswa saking Gusti Allah.
  • Sugeng tanggap warsa Pak/Bu. Mugi Gusti Allah tansah paringi kesihatan dateng panjenengan, lan ayu hayu rahayu.
  • Ngaturake sugeng ambal warsa, mugi  Gusti Allah paring wilujeng selamet, sehat lan anjang yuswa ingkang manfaat. Aamiin

Ucapan Selamat Ulang Tahun Untuk Pasangan


Ucapan selamat ulang tahun untuk pasangan ini juga penting untuk disampaikan. Sehingga pasangan tahu tentang apa doa dan harapan yang diinginkan oleh pasangannya tersebut. Selain itu ucapan selamat ulang tahun yang disampaikan kepada pasangan akan berpengaruh pada kehangatan dan keromantisan serta keharmonisan hidup berpasangan sehingga menjadi harmonis, mesra dan romantis.

Untuk Suami (Cowok)

Ucapan ulang tahun untuk suami diantaranya:

 

  • Suamiku yang sekaligus sebagai sahabatku, kakakku dan guruku. Di hari ulang tahunmu ini, aku berdoa agar di sisa usia mu Allah selalu limpahkan keberkahan usia, kelancaran rizki dan kesehatan.

 

  • Barakallaahu fii umurik suamiku sayang, semoga semakin lebih baik dan lebih sholih dalam menjalani amanah sebagai suami, ayah dan juga sebagai anak.

 

  • Dear, suamiku. Selamat ulang tahun semoga selalu berkah usianya, waktunya, rizkinya dan kesehatannya. Terimakasih sudah menjadi suami dan ayah yang baik dan penyayang selama ini.

 

  • Dear honey, today is your special day. Semoga rahmatNya selalu menyertaimu, langkahmu selalu dibimbingNya, dan cita-citamu selalu dijawab dengan takdir terbaikNya.

 

  • Honey, hari ini adalah ultahmu yang ke …selama bersamaku. Semoga Allah selalu memberimu kesehatan, kelapangan rizki, kemudahan urusan serta menjadikanmu hamba yang sholih.

Untuk Istri (Cewek)

  • Adinda istriku tercibta, barakallaahu fii ‘umurik sayang. Semoga srlalu diberi kesehatan, kemantapan iman, keluasan ilmu dan tercapai cita-cita mu
  • Adinda, selamat bertambah umur. Semoga dengan bertambahnya umur, menjadikanmu bertambah iman, bertambah baik, selalu dilapangkan rizki, dan dimudahkannya urusan.
  • Dear honey, today is your special day. Semoga rahmatNya selalu menyertaimu, langkahmu selalu dibimbingNya, dan cita-citamu selalu dijawab dengan takdir terbaikNya.
  • Honey, hari ini adalah ultahmu yang ke …selama bersamaku. Semoga Allah selalu memberimu kesehatan, kelapangan rizki, kemudahan urusan serta menjadikanmu hamba yang sholihah
  • Istriku tersayang…happy birthday ya, semoga semakin sayang sama keluarga, semakin sholihah, semakin bijak. Suamimu akan selalu mendoakan mua sayang.
  • Dear Istriku cantik, barakallaahu fii ‘umurik. Semoga semakin berkah usianya, semakin sayang sama keluarga, semakin cantik, selalu sehat. Doaku selalu menyertaimu sayang.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Untuk Sahabat / Teman


  • Kawan, bertahun tahun kita bersahabat. Izinkan aku untuk mendoakanmu di hari ultahmu ini. Happy birth day kawan, semoga selalu dalam perlinsunganNya dan selalu dalam kasih dan sayangNya. Karna itulah ni’mat terbaik.

 

  • Sahabat kecilku, selamat ulang tahun. Semoga semakin dewasa, selalu ceria, selalu sehat, selalu menjadi manfaat buat orang-orang disekitar ya.

 

  • Dear sahabatku, barakallaahu fii ‘umurik. Semoga keberkahan usia selalu diberikan padamu, semoga cita-cita dan harapan mu semakin dimudahkanNya.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Untuk Anak


Momen ulang tahun anak adalah waktu terbaik untuk menyampaikan doa, nasehat dan sugesti yang baik kepada anak. Maka tidak ada salahnya kamu mengucapkan kata-kata yang tidak biasa kepada anak di hari itu. Kata-kata itu akan lebih berkesan dan membekas di memori ingatannya hingga dewasa. Contohnya seperti ini:

  • Selamat Ulang tahun nak, semoga tercapai segala cita-citamu..
  • Sayangku, selamat ulang tahun ya. Semoga tahun ini kamu bisa rangking 1 di kelas..
  • Selamat ulang tahun ya nak, dengan semakin bertambahnya usiamu, semoga semakin disayang banyak orang & dan semakin berbakti pada orang tua 🙂
  • 10 Tahun yang lalu ibu melahirkan kamu dengan penuh harapan nak, yaitu agar kamu  menjadi anak yang membanggakan orang tua dengan prestasi-prestasi. Selamat ulang tahun sayang..
    .
  • Selamat ulang tahun anakku, Ibu hanya bisa berdoa agar kamu bisa mencapai semua cita-citamu.
  • Sayangg, hari ini usiamu genap 15 tahun. Ayah dan Ibu sangat berharap kamu menjadi semakin sholeh. Semoga kelak kamu menjadi anak yang bisa menjadi penolang ayah dan ibu di akhirat 🙂

Tak terasa usiamu sudah (…) tahun wahai anakku, pada hari ulang tahun mu kupanjatkan doa Semoga Allah selalu menuntun langkahmu dalam jalan kebaikan http://katamutiarabijak.net/kata-kata-mutiara-ulang-tahun-untuk-anak


Ucapan Selamat Ulang Tahun Untuk Ayah


Meski kebanyakan ayah tipikalnya pendiam dan cenderung menjaga wibawa di depan anak-anaknya, tetapi sebenarnya beliau sangat menunggu kata-kata lembut dari anaknya. Dengan kata-kata itu ia semakin yakin telah berhasil mendidik anak. Bila ingin membahagiakan ayah kamu, maka gak ada salahnya mengucapkan selamat lang tahun yang menis di hari yang (mungkin) beliau sendiri sudah melupakannya. Jangan lupa untuk memberikan kado ulang tahun yang spesial juga (Baca: kado ulang tahun di bagian bawah).

Inilah contoh ucapan ulang tahun untuk ayah:

  • Maafkan aku ayah, karna belum bisa seperti harapan ayah. Tapi ayah sudah menjadi ayah yang sempurna buat aku. Selamat ualang tahun yah..

 

  • Mungkin ayah tidak membuat kagum orang-orang di luar sana, tapi ayah selalu mengagumkan di mata anak-anakmu ini. Terima kasih ayah atas cucuran keringat yang kau persembahkan untuk kami.. Selamat ulang tahun ayah, semoga panjang umur sehingga senantiasa bisa membimbing kami.

 

  • Ayah, meski tubuhmu mulai lemah, tapi kasih sayangmu pada kami tak pernah goyah. Itulah yang selalu membuat kami bangga kepada Ayah. Selamat ulang tahun ayah.. 

 

  • Selamat ulang tahun yang ke-60 ayah, semoga ayah senantiasa sehat dalam lindunganNya.. Semoga semua amal di sisa umur ayah menjadi berkah..

Ucapan Selamat Ulang Tahun Untuk Ibu


Ibu, ialah sosok yang paling tidak peduli dengan dirinya sendiri, demi memastikan semua anggota keluarganya bahagia. Bahkan ia rela berpura-pura tertawa meski hatinya terluka. Dia yang selalu mengajarkan kelembutan dan ketulusan pada anak-anaknya. Maka wajib bagi setiap anak untuk membahagiakan ibunya. Lengkapi kebahagiannya dengan ucapan selamat ulang tahun yang spesial.

Inilah ucapan selamat ulang tahun yang paling menyentuh buat ibu:

Selamat ulang tahun bunda, terima kasih atas segala pengorbananmu untukku dan keluarga ini. Semoga Allah membalas kebaikanmu dengan kebahagiaan di dunia dan akhirat..

Ibu, walaupun hari ini telah bertambah usiamu.. Aku sangat bersyukur karna Allah selalu memberikan kesehatan untukmu. Semoga Ibu senantiasa bahagia dan panjang umur..

Selamat ulang tahun ibu… aku tahu usiamu sudah tak muda lagi. Tapi aku berharap engkau selalu sehat sehingga bisa melihat semua kesuksesan yang ku capai nanti..

Selamat ulang tahun mama.. sehat selalu ya ma, supaya bisa ikut membimbing cucu-cucumu kelak, seperti mama mendidikku dulu..

Ibu, mungkin tidak banyak yang bisa ku ucapkan di hari ulang tahunmu ini. Aku hanya bisa berjanji akan selalu membahagiakanmu dan tak akan membuatmu kecewa. Selamat ulang tahun ibu..

Selamat bertambah umur ya bunda, semoga panjang umur agar bisa terus menerima bakti anakmu yang sedang berjuang ini. Karna kesuksesanku sejatinya dalah kesuksesan ibu..


Ucapan Selamat Ulang Tahun Romantis


Bagi orang yang saling mencintai memang setiapnya terasa romantis. Buat kamu yang belum terbiasa romantis kepada pasangan, hari ulang tahun dia merupakan moment yang pas buat melatih sikap romantismu. Siapa tahu, ternyata dia juga sangat mengharapkan ucapan romantis yang sudah lama tidak kamu ucapkan. hehe..

Inilah ucapan ulang tahun paling romantis buat pasangan kamu:

  • Selamat ulang tahun sayang, tak terbayangkan olehku bila ada hari-hari tanpa adanya kamu.. Panjang umur yaa 🙂

 

  • Selamat pagi sayangg, happy birthday.. Sengaja aku menunggu bangunmu di depan matamu sperti ini, agar tak ada satu makhluk pun yang mendahuluiku mengucapkan ulang tahun padamu 😀

 

  • Happy Birthday sayang, ingin sekali aku mengucapkan terima kasih pada ibumu yang telah melahirkanmu 30 tahun silam. Sehingga aku selalu ada alasan untuk terus hidup di dunia ini.. Wish you all..

 

  • Selamat ulang tahun sayangg, tetaplah menjadi dirimu sendiri.. Karna kamu adalah permata yang asli 🙂

 

  • Selamat ulang tahun say, biarkan aku menjadikanmu istimewa hari ini, sebab kau telah menjadikanku istimewa selama kita kenal 🙂

Ucapan Selamat Ulang Tahun Pernikahan / Anniversary


Usia pernikahan yang apanjang adalah yang yang harus disyukuri. Pasalnya saat ini banyak sekali pasangan yang kandas dalam berumah tangga hanya dalam waktu singkat. Kamu yang bisa berangkulan erat dengan pasangan ketika badai rumah tangga datang, adalah pasangan hebat.

Kamu bisa mengenang setiap perjalanan hidup kalian dengan saling memberi ucapan “Happy Anniversary”. Yah, anggap saja sebagai bentuk apresiasi atas perjuangan kalian mempertahankan cinta hehe. Berikut contoh ide kata-kata ucapan selamat ulang tahun pernikahan yang mungkin kamu butuhkan:

Kau tau, aku selalu mencintaimu, setiap detik, setiap menit, setiap jam dan setiap waktu, hingga usia pernikahan kita yang ke 12 ini. Dan aku tak pernah lelah melakukannya. Happy anniversary, semoga cinta kita abadi 🙂

Happy Anniversary ya sayang, terima kasih telah menjadi sahabat, kakak, ayah, body guard, motivator dan tentunya pahlawan buat aku. Aku berharap kita bisa bertahan hingga habis waktu kita di dunia ini..

Selamat hari ulang tahun pernikahan kita sayang. Andai sekarang papa boleh memilih wanita lagi, papa akan tetap pilih mama 🙂

Happy anniversary pah, dari tahun ke tahun aku semakin merasakan bahwa gak ada yang bisa gantiin papah di ganti mama. Temani mamah sampai ke surga ya pah..

Happy anniversary sayang, meski dulu tak ada kamera tapi aku selalu bisa memutar kenangan pahit dan indah yang telah kita lalui selama 10 tahun bersamamu.. 🙂


Doa Ulang Tahun dan Mohon Keselamatan

Agar hari ulang tahun kamu lebih bermakna dan diridhoi oleh Allah, mamang sebaiknya lebih banyak diisi dengan hal-hal positif seperti bermuhasabah diri, berdzikir dan berdoa. Doanya bisa dengan bahasa Indonesia, doa dalam hati atau doa bahasa arab yang juga digunakan oleh para ulama’. Jika ingin menggunakan bahasa arab, inilah doa yang cocok kamu baca di hari ulang tahun:

Doa ulang tahun

 


Manfaat Ucapan Selamat Ulang Tahun


Nah, selanjutnya tentang manfaat. Ini merupakan salah satu poin pentin dalam artikel ini. Karena dalam hal apapun jika itu tidak ada manfaanya lalu buat apa buang-buang waktu tenaga bahkan uang untuk hal tersebut.

Well, apa sih manfaat dari kata-kata ulang tahun? Pastinya yang di maksudkan disini adalah manfaat bagi yang sedang berulang tahun ya. Oke, simak terus ya. Manfaatnya diantaranya:

Menumbuhkan Spirit

Kata spirit dapat juga diartikan sebagai semangat. Sebuah semangat yang muncul dari dalam diri seseorang. Bagaimana hubungannya dengan kata-kata ucapan selamat ulang tahun. Ok, saat seseorang mendengar atau menerima pesan melalu seluler phone nya yang isinya ucapan selamat ulang tahun (dengan berbagai versi kalimat), pasti akan muncul perasaan positif sesuai dengan kalimat-kalimat ucapan yang diterimanya.

Sedangkan pasti semua kalimat ucapan selamat ultah selalu ditambahi dengan kalimat-kalimat doa yang sangat menenangkan. Contohnya, ‘met ultah ya pren, semga dimudahkan semua cita-citamu’, ‘met milad ya, semoga semakin dewasa dan berkah usianya’ and so on. Ini semua subtansinya adalah kalimat doa dan harapan. Bukan sekedar ucapan selamat ultah.

Padahal tanpa menunggu hari ultah pun semua juga bisa memberikan doa-doa positif kepada yang lainnya. Hanya saja, ketika menyampaikan seuntai doa di hari lahir orang lain harapannya ada energi spirit lebih yang akan diterima oleh seorang yang sedang berulang tahun.

So, jangan pelit untuk sekedar berkirim pesan doa di hari ulang tahun orang lain ya.

Menumbuhkan Rasa Bahagia

Siapa sih yang tidak bahagia kalau ternyata hari ulang tahunnya masih diingat oleh orang lain. Dan sebaliknya seseorang akan berpikir ulang kenapa harus mengetahui atau mengingat dan menghafal tanggal lahir seseorang. Artinya, semua orang yang mengucapkan dan mendoakan kita saat ulang tahun berarti mereka sudah menganggap diri kita spesial. Nah status spesial ini sangat luas. Bisa jadi spesial dalam hubungan pertemanan, hubungan profesiobal, bisnis, dan lain-lain.

Nah, silahkan kirim kalimat-kalimat doa kepada mereka yang sudah masuk dalam hati kita. Agar mereka yang kita doakan akan bahagia disaat hari ulang tahunnya.

Well, pasti ada perasaan merasa diperhatikan, merasa diingat, dihargai, dan seterusnya saat menerima ucapan ultah meski tidak dirayakan sama sekali. Justru ketika tidak dirayakan, tak ada undangan makan-makan, kamu akan tahu siapa saja seseorang yang sudah mengingat hari ultahnya. Disinilah perasaan bahagia muncul setulusnya meski tanpa ada kado sekalipun.

Memupuk Rasa Kasih Sayang

Nah manfaat yang ketiga ini sangat cocok sekali khsuanya, bagi yang sudah memiliki pasangan atau sudah menikah ya. Tetapi rasa kasih sayang ini juga luas perannya, selain hanya sebagai pasangan. Bisa kasih sayang antar teman sekolah, teman kerja, rekan bisnia, teman pengajian, saudara sekandung dan sedarah dan lain lain.

Bagi yang sudah menikah, momen ultah sangatlah potensial untuk menunjukkan betapa perhatian dan sayangnya sebagai pasangan. Biasanya para pasangan ini akan berlomba memverikan hadiah atau kejutan kejutan kecil si hari ultah pasangannya. Selain sebuah kebutuhan agar kasih sayang antar pasangan teus terpupuk harmonis, ini adalah sebuah naluriah. Yang memberikan akan merasa senang mendengar ucapan terima kasih dab yang menerima pun akan senang karna sudah mendapat perhatian dan kasih sayang berupa ucapan ulang tahun.

Nah, mulai sekarang bolehlah siapa teman kerja, teman nongkrong, teman bisnis dll kamy ingat tanggal lahirnya. Hari gini masih butuh nyatat tanggal lahir? Nah apalagi di era digital ini, sosmed berinisial ‘f’ sudah memiliki fitur pengingat hari ulang tahun srmua orang yang berteman dengan satu akun.

Menghangatkan Hubungan Yang Telah Putus

Ini manfaat yang tidak selalu dibutuhkan olah setiap orang. Karena tidak semuaborang sedang mengalami hubungan sosial yang sedang putus dan ingin dirajut kembalu. Sekali lagi hubungan personal dalam konteks artikel ini sangat luas ya.

Nah ketika kamu ingin memperbaiki hubungan sosial dan personal dengan seseorang, trik ini bisa lho dilakukan. Karena memulai pembicaraan yang pas juga tidak mudah maka ambil aja momen ultahnya untuk memulai obrolan yang sudah lama putus.

Harapannya obrolan selanjutnya akan menjadi lebih baik dan lebih hangat karena kamu sudah menyentuh sisi hatinya dengan perasaan positif. Ingatkan….manfaat dari mengucapkan ultah di poin satu sampai tiga.

Memperbaiki Hubungan Profesional

Manfaat terakhir ini banyak dipakai oleh intans sosial maupun instansi bisnis. Contohnya, kalau kamu melakukan transakau di salah satu bank swasta (apapun transaksinya) tepat di hari ulang tahun kamu maka pegawai teller biasanya (minimal) akan mengucapkan selamat ulang tahun kepada kamu sebagai nasabahnya.

Memperbaiki hubungan profesional yang dimaksud dalam konteks contoh bank di atas adalah (minimal) nasabah tidak berpindah bank, nasabah semakin nyaman dan percaya serta semakin rajin melakukan transaksi menggunakan jasa bank tersebut.

Contoh lagi, ada sebuah perusahaan yang juga memiliki program yang tidak jauh beda. Salah satu yang admin tahu kalau kamu kuliah di kampus ternama ini *G*, kamu juga akan mendapat sms dari pihak fakultas berisi ucapan selamat ultah. Setahu admin lebih spesifiknya di fak Psikologinya.

Program yang terlihat sepele ini sebenarnya mengandung pengaruh mendalam dan berjangka panjang. Mungkin maksud dari program ini diadakan adalah agar para alumni begitu berkesan dengan kampus ini, mereka memiliki kenangan yang positif dengan pihak birokrat kampus sehingga otomatis akan muncul testimoni tulus yang positif dari para alumni dan akhirnya para alumni merasa bangga dengan almamaternya lalu secara otomatis pula ia akan turut menyampaikan peri hal ‘program unik’ ini kepada khalayak umum. Sehingga akan muncul juga kesan positif kampus tersebut di mata masyarakat. Ujung-ujungnya instansi juga diuntungkan dalam hal ini.

Nah bagi teman-teman yang saat ini sedang menjadi bagian dari satu instansi atau organisasi baik profit maupun non profit program sepele ini bisa juga diterapkan. Demi menjaga semangat, menjaga kinerja yang positif, dedikasi, komitmen serta kenyamanan seorang karyawan perusahaan/anggota organisasi.


Kado Ulang Tahun


Memberi kado ulang tahun adalah satu aktifitas yang tak kalah membahagiakan. Serunya adalah saat kamu mulai mengingat-ingat apa kesukaan seorang yang akan kami kasih kado saat ulang tahun. Bisa berupa makanan, benda, baju, asesoris, atau yang berhubungan dengan hobi. Bener gak?

Jika kado yang akan diberikan adalah brrupa benda maka kamu hanya tinggal membeli dan membungkusnya. Tetapi jika kamu ingin memberi kado yang bentuknya bukan benda misalnya kejutan dalam bentuk suasana atau yang lain maka ini juga lebih seru krna harus ada persiapan khusus dan melibatkan peran orang lain juga.

Nah sudah terpikir belum mau kasih kado apa buat teman, rekan atau pasangan? Yuk baca terus ya..


Kado Ulang Tahun Unik


Kenapa harus mencari kado yang unik? Nah jadi ada harapan dari seorang yang memberi kado itu agar kado yang diberikan akan selalu diingat, karna sangat berkesan. Endingnya kalau si penerima kado akan terkesan maka ia pun akan selalu ingat dengan seorang pemberi kado itu. Ini merupakan kepuasan secara psikologis ya.

Nah membuat atau memberi sesuatu yang berkesan itu salah satunya dengan sesuatu yang unik. Sesuatu bisa dikatakan Unik ketika jarang sekali dilakukan atau diberikan oleh kebanyakan orang pada umumnya. Sulit ditebak, sulit diperoleh dan sulit ditemukan. Begitulah kurang lebih kriteria sesuatu yang bisa dikatakan unik.Jadi pertanyaan selanjutnya, kira-kira apa ya kado uniknya? Yuk simak lagi.

Untuk menjawab ini kita juga harus paham bahwa ukuran unik tiap orang pun berbeda-beda. Nah admin mencoba memberikan beberapa contoh kado unik untuk teman-teman.

Mengajaknya Pergi ke Tempat Istimewa

Apa yang membuat unik? Kebanyakan, namanya kado adalah berbentuk barang, bisa dilihat dan bisa dipegang. Tapi ini bisa dikatakn tidak berbentuk. Yang membuat unik lagi adalag aktulifitas selama di tempat istimewa ini. Kira-kira mau mempersiapkan aktifitas apa saja selama di tempat ini.

Salah satu contohnya, bisa dengan camping. Pasang tenda dan bermalam pada malam sebwlum hari H ultah. Makan bekal seadanya tapi suasana kehangatan dan kebersamaan serta spirit positif lainnya dalam momen seperti ini akan susah terlupakan lho. Serukan dan unik juga kan.

Memberikan Barang Hasil Karya Sendiri

What? Hasil karya sendiri? Tidak mungkinlah, secara kan butuh waktu lama banget. Iya kalau punya keahlian, kalau gak? Mau kasih apa?

Halooo, hari gini masih bingung? Tinggal order aja lho. Tinggal pergi ke outlet-outlet yang menyediakan hasil kerajinan tangan (handmade). Lalu pilih barang-barang unik. Setelah itu pesan ke pemilik outlet sesuai kriteria yang perlu ditambahkn atau diubah dari item yang telah kita pilih. Jangan lupa pesan ke pembuatnya nanti ditambahkan tulisan di item tersebut dengan kata ‘made by ……..(nama kita sebagai pemberi)’. Sudah jadikan. Dibuat simpel aja tapi tetap mengena.

Merapikan dan Menghias Kamar Atau Ruangannya

Kenapa ini unik? Hallo……siapa yang tak senang kalau melihat ruangan pribadinya rapi, bersih tambah dihias pula. Mungkin ini pekerjaan yang jua belum sempat dilakukan oleh yang bersangkutan yang sedang ulang tahun. Menjadi unik juga karena ada seorang sebegitu perhatiannya sehingga terpikir membersihkan dan merapikan ruangannya yang selama ini yang bersangkutan masih belum sempat melakukannya.

Yah, capek dong, butuh waktu dan tenaga dong? Butuh kreatifitas? Kapan merapikannya? Kalau butuh waktu lama? Sedangkan yang bersangkutan jam kerjanya hanya 8 jam, berarti dalam waktu 8 jam harus selesai semua?

Well, ayo simak…simak.hehe. Hari gini banyak lho yang butuh pekerjaan. Nah berarti kita memang butuh bantuan tenaga orang lain. Pilihannya, bisa kerjasama dengan teman-teman yang lain yang sama-sama kenal dan sama-sama ingin memberi kejutan atau meminta orang lain dengan memberi sedikit upah untuk jasa orang tersebut.

Nah sebelum mendekati hari H pastikan kamu sudah matang konsep. Konsep tentang mau dibuat seperti apakah kamar/ ruangan tersebut. Pernak pernik apa yang butuh diaiapkan. Oiya mungkin butuh tenaga dengan beberapa jobdisk yang berbeda juga. Nah ini perlu dipikirkan kalau memakai tenaga orang lain.

Jadi kalau memakai tenaga orang lain (bukan teman sendiri), mnimal ada dua tenaga, satu khusus untuk merapikan dan membersihkan, satunya lagi khusus memperindah dan mempercantik ruangan. Kenapa dibedakan? Karena dua jobdisk ini adalah ranah keterampilan yang sangat berbeda. Mengingat waktu yang tersedia juga sedikit kan.

Kado Unik Buku

What? Buku? Apalah uniknya buku? Sudah umunlah orang memberi hadiah buku. Iya kalau orangnya suka baca. Nah belum terpikir kan? Kenapa mesti buku? Buku apa yang unik? Belinya di mana?

Kenapa buku menjadi kado unik? Ya karena buku ini adalah limited edition hanya dicetak satu kali. Penulisnya adalah kamu yang akan memberi hadiah dan isinya adalah tentang kamu dan teman yang sedang atau akan berulang tahun. Jangan tanya bagimana mencetak buku ya, karena sudah banyak percetakan yang menawarkan jasa pencetakan buku.

Yah butuh keahlian nulis dong, butuh waktu juga dong? Halo halo…kalau namanya niat pasti berusaha dicapai, kalau soal bahasa tulisan yang masih belum terlatih alias belepotan maka diaitulah letak keunikannya bukan. Sisipkan satu dua halaman iainya foto unik kalian berdua. Nah makin yakin kan kalau ini jadi bagian dari kado yang unik.

Nah tambah satu lagi deh contoh kado uniknya. Kira-kira apa ya kado unik satu ini? Yup betul sekali. Album foto. Apa uniknya? Kami beli album foto yang cantik, ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, lalu isi dengan foto yang sudah dicetak. Catatannya, pilih foto-foto yang terunik, terlucu, paling berkesan, paling gokil, dan sejenisnya untuk dipasang di dalam album tersebut. Yakin deh teman kamu yang sedang berulang tahun akan senyam senyum sendiri setelah mendapat kado dari kamu. Dan persahabatan atau hubungan kalian akan semakin baik dan berkesan.

Sampai disini dulu ya contoh-contoh kado teruniknya. Semoga bermanfaat.


Kado Ulang Tahun Buat Pasangan


Pentingkah memberi kado untuk pasangan? Bicara penting atau tidak itu tergantung kondisi kantong hehe. Yang jelas memberi sesuatu di momen ultah pasangan itu penting. Minimal doa dalam bentuk ucapan. Jadi kesimpulannya tetap penting ya, memberi kado untuk pasangan di saat ultahnya.

Kenapa penting? Karena yang namanya hubungan, prrasaan suka, perasaan harmonis, romantis, hangat, akrab itu semua perlu dipupuk. Iya dipupuk layaknya tanaman, agar terus tumbuh subur dan indah. Nah, disinilah momen tepat untuk memupuk semuanya itu dalam kehidupan berpasangan.

Bisa dibayangkan, tiap hari bersam sekian lama itu terkadang muncul juga perasaan booring atau bosan jika tidak ada variasi berhubugan (sosial) atau berkomunikasi. Wajar jika pasangan suami istri itu sesekali butuh momen khusus untk menjaga keharmonisan hubungannya.

Lalu kado apa yang cocok untuk pasangan? Semua kado bisa saja diberikan mulai dari baju, assesoris, makanan, jalan-jalan atau berwisata, dan seterusnya. Tinggal menyesuaikan dengan kesukaan pasangan.

Semisal kado baju, kira-kira pasangan kamu suka warna apa, ukuran berapa dll. Misal kado buku, tema apa yang disuka. Misal berwisata ya tempat-tempat yang disukai pasangan juga pastinya.


Kado Ulang Tahun Buat Ibu / Ayah


Kado ulang tahun buat Ibu atau ayah biasanya tidak terlalu banya pilihan. Mengingat faktor usia yang mungkin sudah tidak lagi produktif. Atau kalaupun orang tua masih dalam usia produktif mungkin kondisinya sudah banyak berbeda dengan generasi yang di bawahnya (anak-anaknya).

Kado yang cocok mungkin salah satunya dengan membuat acara tasyakuran keluarga dengan makan-makan di mana semua anak mengucapkan ultah pada ayah atau ibunya seraya memberikan doa dan kado yang tidak harus mewah ataupun mahal tetapi bisa dipakai oleh ayah dan ibu. Bisa fashion, asesoris, buku dan lain-lain.

Umumnya orang tua yang semakin berusia tidak terlalu berharap materi pada anak-anaknya. Kehidupan dan hari-harinya lebih digunakan berpikir tentang nasib anak-anaknya kelak. Sudah menjadi hal umum jika mereka lebih mengharapkan melihat anak-anaknya sukses dan bahagia. Itu sudah bisa jadi kado luar biasa untuk orang tua.


Kado Ulang Tahun Buat istri


Pada dasarnya wanita pada umumnya diberi perhatian saja sudah senang. Perasaannya mudah tersentuh. Jadi kado apapun buat istri sebenarnya pasti akan membuat senang istri. Karna istri akan melihat nilai dibalik kado yang diberikan.

Boleh juga jika menanyakan kepada istri, tentang kado yang diharapkan diharu ultahnya. Ini juga lebih baik karna pasti kadonya akan sesuai dengan yang diharapkan istri.

Ada beberapa tipe istri, diantaranya ada yang suka asesoris atau perhiasan tapi ada juga yang sama sekali tidak suka. Ada yang sukanya berpetualang ke alam, nah bisa ini dijadikan momen untuk berpetualang bareng istri dihari ultahnya. Ada yang suka fashion dan lain lain. Jadi kado untuk istri bisa disesuaikan dengan hobi atau barang kesukaannya.

 

 

Leave a Comment